KesehatanLife Style

Ini Manfaat Jagung Manis untuk Kesehatan

Jagung manis untuk Kesehatan sangat di sarankan oleh pakar kesehatan. Kandungan jagung manis untuk diabetes, ternyata mampu menggantikan nasi, sebagai sumber energi.

Kenapa Jagung manis untuk diabetes lebih disarankan dan apa saja kandungan gizinya, sehingga disarankan menjadi pengganti nasi, sebagai sumber energi?

Berikut adalah Fakta Jagung Manis bagi tubuh manusia, yang telah dirangkum kwari.id dari berbagai sumber.

Di ketahui jagung manis memiliki Indeks Glikemiks 48 lebih rendah, di bandingkan Indeks glikemik pada nasi yang mencapai 72 dan di kategorikan memiliki indeks glikemik tinggi.

Indeks glikemik (IG) merupakan indikator cepat atau lambatnya karbohidrat yang terkandung pada bahan pangan dalam meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh manusia.

Sehingga sumber makanan yang masuk ketubuh, dapat meningkatkan sistem kerja pangkreas untuk menghasilkan Insulin setelah makan, setiap hari.

Berikut ini perbedaan kandungan gizi pada jagung manis dan nasi, untuk tubuh manusia, yang telah dirangkum

Karbohidrat Komplek

Jagung manis sebagai sumber karbohidrat komplek yang baik di konsumsi sebagai pengganti nasi, dan penyerapan karbohidratnya lebih lambat dibanding nasi.

Sehingga kadar gula dalam darah akan naik secara perlahan, jagung manis juga mampu menggantikan porsi harian.

Berserat Tinggi

Jagung Manis memiliki kandungan serat lebih tinggi sekitar 3,86 persen di bandingkan jagung biasa, yakni mencapai 2,4 persen, namun keduanya masih memiliki kadar serat tinggi.

Kandungan serat yang tinggi tersebut, dapat memperlambat penyerapan karbohidrat dan gula didalam usus besar, sehingga kadar gula darah dalam tubuh naik secara perlahan tidak langsung melonjak tinggi.

Rendah Lemak

Jagung manis memiliki kandungan lemak yang rendah, sekitar 2,21 persen dan pada jagung biasa sekitar 1,5 persen, Sehingga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Ini parameter Gizi yang terkandung pada jagung manis dan jagung biasa:

Karbohidrat

karbohidrat yang terkandung pada jagung manis sekitar 11,86 persen dan pada jagung biasa sekitar 21 persen. 

Perbedaan tersebut di pengaruhi oleh kadar kadar air yang terdapat pada jagung manis lebih tinggi, sekitar 77,65 persen di bandingkan jagung biasa yang mengandung 73 persen.

Makanya ketika kita memakan jagung manis teras lebih banyak mengandung air, di bandingkan jagung biasa.

Protein

Jagung manis mengandung protein yang hampir sama dengan jagung biasa, sekitar 4,4 pada jagung manis dan 3,4 pada jagung biasa.

Gula

Kandungan gula pada jagung manis lebih rendah, yakni sekitar 3,2 gram per 100 gram jagung manis, dibandingkan jagung biasa yang mencapai 4,5 persen per 100 gramnya. maka dapat disimpulkan bahwa jagung manis dan jagung biasa sangat aman, dikonaumsi oleh penderita diabetes.

Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat bagi kita pembaca, untuk memberikan saran makanan bagi orang yang kita sayangi, supaya kadar gula darah bisa lebih dikontrol. (**)

Selengkapnya

Admin Kwari

Freelancer Wartawan di Salah satu Kota yang berada di Negara Indonesia Tercinta, Memiliki Hobby Seperti Halnya Orang-orang sukses, Membaca Buku dan Selalu Ingin Tahu dan Berbagi Informasi yang layak di konsumsi untuk publik

Artikel Terkait

Back to top button