Kabar Terkini

Tongkang Pengangkut Clinker, Rusak Diterjang Ombak Besar

Kwari – Sebuah kapal tongkang pengangkut clinker atau Semen setengah jadi, terdampar di Teluk Praja atau sekitar perairan semenanjung Ujung kulon yang berlokasi di Kabupaten Pandeglang, pada Kamis (20/1) lalu.

Kasat Polairud Polres Pandeglang, AKP DWI Hary Bagyo mengatakan, bahwa berdasarkan laporan yang diterimanya, kapal tongkang tersebut bernama Bulesco IV yang ditaril oleh sebuah kapal Taugboat dengan nomor seri TB MC 09/ BG, yang bertolak dari jetty Cemenindo menuju jetty handil muara jawa Samarinda Kalimantan Timur, pada Kamis 20 Januari 2022 lalu.

Namun naas, tongkang pengangkut Clinker sebanyak 7 Metrix Ton tersebut, diterjang ombak besar atau cuaca buruk diperairan Samudera Hindia, yang menyebabkan lambung kapal mengalami perubahaan kontruksi atau patah.

” Selanjutnya nahkoda mengevakuasi kapal dan tongkang menuju tempat yang aman guna penanganan selanjutnya. Nahkoda dan Owner sepakat untuk menshelterkan kapal dan tongkang di area teluk praja,”katanya saat dihubungi melalui aplikasi Whatsapp, Rabu (2/2).

Sementara itu, Nahkoda Kapal Patroli Syahbandar labuan, Novrian membenarkan, terkait terdamparnya tongkang pengangkut bahan baku semen tersebut. Bahkan pihaknya sudah memanggil Nahkoda kapal tersebut untuk dimintai keterangan atau Berita Acara Pemeriksaan (BAP) terkait peristiwa tersebut.

Akibat kejadian tersebut, sebagian muatan tongkang atau clinkker yang dibawanya tumpah kelaut. Meski begitu, Novrian enggan memberi keterangan lebih rinci terkait isi BAP yang dilakukan syahbandar.

“Dari keterangan BAP tersebut, muatan clinker atau bahan baku semen, sebagian tumpah kelaut dan sebagian masih ada ditongkang. Clinker saat ini sudah mengeras atau menjadi batu,”ungkapnya saat dihubungi wartawan.

Sementara itu, warga sekitar Aang kunaepi mengaaku sangat terganggu dengan keberadaaan tongkang yang berada didekat bagannya.

“,Saya merasa dirugikan karena penghasilan saya menurun setelah ada tongkang disitu,ada kemungkina bahan yang dibawanya itu mengandung kimia, saya memohon kedinas terkait bahwa keberadaan tongkang harus seger dipindahkan ketempat lain”, paparnya

Selengkapnya

Admin Kwari

Freelancer Wartawan di Salah satu Kota yang berada di Negara Indonesia Tercinta, Memiliki Hobby Seperti Halnya Orang-orang sukses, Membaca Buku dan Selalu Ingin Tahu dan Berbagi Informasi yang layak di konsumsi untuk publik

Artikel Terkait

Back to top button