Kabar TerkiniNasional

Bangun Jalan Kampung, Warga Citoke Iuran Dari Penanaman Mangrove

kwari.id – Warga Citoke Desa Mekarsari Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang melakukan gotong royong perbaikan jalan, Minggu (20/2).

Jalan tersebut merupakan jalur vital untuk akses keluar masuk kampung dan menjadi penghubung satu-satunya ke jalan raya penimbang-tanjunglesung.

Warga secara sukarela menyisihkan uang atau pendapatannya dari hasil mengikuti program Mangrove Ecosystem and Rhinocerros Conservation in Indonesia (MERCI) yanh diinisiasi oleh Yayasan Alabama Indonesia Lestari dan Planete Urgence Inronesia.

Bukan hanya menyisihkan pendapatannya, warga juga secara sukarela turun tangan untuk bergotong royong memperbaiki jalan Citoke-Mekarsari yang mempunyai Panjang 1,5 Kilometer dengan lebar 4 meter, Pada Minggu (20/2).

Menggunakan Alat seadanya, para warga berjibaku menyusun atau menggelar batu yang baru saja dibelinya dari uang hasil yang disisihkannya, untuk menutupi jalan yang berlumpur.

Ketua RT04/RW08 Kampung Citoke, Desa Mekarsari Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Ade Sarmani mengatakan, kegiatan gotong royong ini, merupakan bentuk keprihatinan warga kampung dengan kondisi jalan yang belum tersentuh pembangunan.

“Alhamdulillah, dengan adanya program Pemberdayaan Masyarakat dari yayasan Alabama Indonesia Lestari, kami bisa menyisihakan sebagian pendapatan kami untuk membeli batu untuk perkerasan jalan ini,”ungkap Ade saat dihubungi melalui telepon selulernya.

Ade sangat mengapresiasi dengan program pemberdayaan masyarakat yang diinsiasi oleh Yayasan alabama Indonesia Lestari, karena dengan adanya program tersebut banyak masyarakatnya yang bisa ikut serta dan mendapatkan manfaatnya.

“Tentunya kami sangat berterimakasih dan mengapresiasi dengan program Alabama. Karena dari program itu, ada sekitar 34 orang yang bisa ikut berpartisipasi dalam prpgram itu, tentunya selain materi, banyak ilmu juga yang bermanfaat yang kami dapatkan,”jelasnya

Masih kata Ade, perbaikan atau pembangunan Jalan Kampung Citoke, sudah diusulkan dalam Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes). Namun dengan kondisi Pandemi saat ini, masyarakat tidak mau hanya menunggu dan masyarakat berinisiatif untuk berbuat sesuatu untuk memperbaiki jalam tersebut, sesuai dengan kemampuan.

“Sudah kami usulkan dalam Musrenbangdes. Tapi, kami tidak mau hanya menunggu dari pemerintah, akhirnya masyarakat berinisiatif dan bersepalat untuk berbuat sesuatu (gotong royong-red) yang kami bisa dan insya Allah kegiatan gotongroyong akan terus kami rutinkan,”imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Desa Mekarsari Kecamatan Panimbang, Junaedi sangat mengapresiasi dengan kegiatan gotong royong yang digelar oleh warga di Kampung Citoke, yang dilakukan dengan cara menyisihkan pendapatannya dari hasil menanam mangrove yang diinisasi oleh Yayasan Alabama Indonesia Lestari (YAIL).

“Tentunya, saya sangat mengapresiasi dengan kegiatan gotong royong yang dilakukan masyarakat dan memang benar jalan kampung tersebut sudah diusulkan dalam musrenbangdes dan mudah-mudahan bisa terealisasi nantinya,” ungkapnya saat dihubungi melalui telepon selulernya.

Junaedi yang juga pegiat Mangrove, sangat mengapresasi dengan kiprah dari Yayasan Alabama Indonesia Lestari, karena dengan program yang dibawanya banyak masyarakat bisa terbantu baik secara materi maupun fungsi dari keberadaan Mangrove yang ditanam di Desanya.

“Kami juga sangat mengapresiasi dengan kiprah Yayasan Alabama, tentu kami akan terus mendukung dengan program yang dijalankannya,”imbuhnya.

Selengkapnya

Admin Kwari

Freelancer Wartawan di Salah satu Kota yang berada di Negara Indonesia Tercinta, Memiliki Hobby Seperti Halnya Orang-orang sukses, Membaca Buku dan Selalu Ingin Tahu dan Berbagi Informasi yang layak di konsumsi untuk publik

Artikel Terkait

Back to top button